Beranda > berita olahraga > variasi latihan dalam sepakbola

variasi latihan dalam sepakbola

  1. Stretching dan kalestenik

Streching dan kalestenik dilakukan seperti pada biasanya yaitu mulai dari kepala sampai kaki, dan yang paling diutamakan adalah pada kaki karena pada waktu bermain yang paling dominan adalah kaki. Streching dan kalestenik dilakukan untuk melakukan peregangan pada otot-otot dan menghindari terjadinya cidera ketika sedang mulai berlatih dan bermain.

  1. Latihan tanpa bola
  • Membagi siswa menjadi 2 baris atau ke belakang, kemudian melakukan langkah samba sambil berganti pola gerakan tangan dan kaki. Dilakukan pada jarak kurang lebih 20 meter bolak balik. Dilakukan bersamaan antar kelompok.
  • Tetap dalam keadan 2 baris kemudian baris kedua memegang pinggul baris pertama. Orang kedua (berada dibelakang orang pertama) menahan lari orang pertama dengan cara menarik pinggul orang pertama yang berada didepannya. Masing-masing individu 3 kali.
  • Tetap dalam keadan 2 baris kemudian 2 orang dari baris yang berbeda jogging sambil melakukan body keduanya sepanjang 20 meter. Masing-masing individu 3 kali.
  • Tetap dalam keadan 2 baris kemudian 2 orang dari baris yang berbeda jogging dan melakukan duel di udara, seolah-olah heading sambil kontak body di urada sepanjang 20 meter kurang lebih 7 kali kontak body atau duel di udara. Masing-masing individu 3 kali.
  • Melakukan lari sprint sebanyak 3 kali dengan jarak 30 meter dan diawali dengan gerakan lari kecil.
  1. Latihan menggunakan bola
  • Melakukan drible sepanjang 10 meter dan saat kembali atau berbalik melakukan keeping kaki dalam kemudian bola di passing kepada teman yang berada dalam barisannya semula. Kanan dan kiri masing-masing 3 kali.
  • Melakukan drible sepanjang 10 meter dan saat kembali atau berbalik melakukan keeping kaki luar kemudian bola di passing kepada teman yang berada dalam barisannya semula. Kanan dan kiri masing-masing 3 kali.
  • Dua orang dalam satu baris melakukan passing sambil berhadapan dan bergerak ke depan bagi orang kedua, dan orang pertama melakukan passing sambil berjalan mundur. Masing kurang lebih harus melakukan 3 kali.
  • Dua baris saling berhadapan, kemudian melakukan drible bersamaan. Setelah berhadapan kemudian melakukan putaran 180 derajat menggunakan keeping kaki dalam lalu bola dipassing pada baris yang berada didepannya. Masing-masing kurang lebih harus melakukan 3 kali.
  • Dua baris saling berhadapan, kemudian melakukan drible bersamaan. Setelah berhadapan kemudian melakukan putaran 180 derajat menggunakan keeping kaki luar lalu bola dipassing pada baris yang berada didepannya. Masing-masing kurang lebih harus melakukan 3 kali.
  1. Cooling down

Cooling down dilakukan secara berpasangan dengan tujuan melemaskan otot-otot yang telah tegang akibat latihan atau permainan agar badan tidak terasa sakit setelah melakukan latihan atau permainan dan menjaga kesehatan otot.

  1. rizqi mp
    24 Januari 2012 pukul 7:57 am

    mana gambarnya ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: