Beranda > materi kuliah > modul microsoft word 2003

modul microsoft word 2003

Microsoft Word 2003

  1. Mengenal Microsoft Word

Microsoft word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skipsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat bekerja dengan table, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.

Secara default, tampilan area kerja program MS Word terdiri atas Tile Bar, Menu Bar, Tool Bar, dan Task Pane. Tampilan area kerja dapat dilihat pada gambar 1.

Title Bar

Menu Bar

Toolbaar

standar

Ruller

Status Bar Toolbar gambar task pane

Gambar 1. tampilan area kerja MS Word

Title bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maxzimines/restor, dan close.

Menu bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh pada gambar 2, perintah File mempunyai perintah yang berkaitan dengan dokumen, misalnya membuat dokumen baru (Open), mengatur property dokumen (page setup), dan sebagainya.

Gambar 2. Menu Bar

Tool bar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut, dari perintah file > Open, tool Print merupakan shortcut dari perintah file > print.

Ruler merupakan yang dilettakan secara horizontal, yaitu diatas dokumen, dan secara vertikal yaitu di sebelah kiri document. Rule untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

Task pane merupakan fasilitas yang berisi rangkuman perintah yang sering digunakan dalam pengeditan dokumen. Bagian didalam jendela task pane terdiri atas 13 bagian, yaitu Getting Started, Help, Search Results, Clip Art, Researceh, Cilpboard, New Dokumen, Shared Workspase, Document Updates, Proteks Document, Styles and Formatting, Reveal Formatting, Mail Marger, dan XML structures.

Status bar adalah baris horizontal yang mempunyai iformasi jendela document yang sedang di tampilkan, antara lain ( Gambar 3).

Gambar.3 Status Bar

  • Page number : menampilkan iformasi hasil halaman
  • Sec: menampilkan saction document
  • Numbe/number: menampilkan nomer bhalaman dan total halaman berdasarkan fisik halamn di dalam document. Sebagai contoh, 4/13 artinya halaman 4 dari 13 halaman.
  • At: menampilkan jarak dari atas halaman pada titik sisip
  • Ln: menampilkan baris dari task tempat titik sisip di posisikan.
  • Col: Menampilkan dari jarak dari baris kiri keposisi titik sisip. Jarak ditentukan dengan jumlah karakter.

Untuk mengatur jenis tampilan dokumen, pilih salah satu submenu di dalam menu View. Beberapa tampilan tata letak yaitu:

  • Normal: memberikan tampilan sesuai format yang diterapkan pada teks.
  • Print layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang diterima pada saat dicetak.
  • Web layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
  • Outline: memberikan tampilansesuai heading di dalam document.

II. Membuat, menyimpan, menutup, dan membuka dokumen

Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Klik menu File > New sehingga muncul jendelaTask Pane yang menampilkan bagian New Document.
  2. Setelah itu pilihlah Blank Document yang berfungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.

Gambar 4. tombol new blank dokumen di Tool Bar

Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur property lebihn dahulu. Pengaturan property mempengarihi hasil cetakan . Pengaturan property dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog (Gambar 4). Kotak dialog ini terdiri dari 3 bagian, yaitu Magins, Paper, dan Layout.

Gambar 5. kotak dialog Page Setup

  • Margins: Untuk menentukan batas atas, kiri, kanan dan bawah dokumen, dan juga orientasi kertas
  • Paper Size: Untuk menentukan ukuran kertas yang akan di gunakan dengan memilih opsintya pada menu drop down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.

TOP

BOTTOM

Gambar 6. Margin halaman

Secara default, Satuan yang di gunakan pada ruler maupun margin adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga muncul kotak dialog Options Gambar 7. Pilih tab General. Pada bagian Measurement Units, gantilah satuan ke Centimeter.

Gambar 7. kotak dialog Options

Untuk menyimpan document baru, secara default nama document akan berurutan, yaitu docement 1, document 2, document 3, dan seterusnya. Cara untuk menyimpan document adalah sebagai berikut:

  1. Klick menu File > Save atau File > Save As sehingga muncul kotak dialog Save AS (gambar 8)

Gambar 8. Kotak dialog Save As

  1. Di dalam kotak dialog tersebut lakukan pengaturan sebagai berikut:
  • Save in: tentukan lokasi folder tempat document akan disimpan.
  • File name: ketik nama untuk identifikasi folder.
  • Save as type: type document, gunakan default yang diberikan, yaitu Word document.
  • Klik tab Save untuk menyimpan document tersebut.

Untuk menyimpan document lama yang telah diedit, klik menu File > save. Apabila document tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik file > Save As sehingga caranya sama dengan menyimpan document baru. Apabila dalam menyimpan dalam menyimpan document, nama yang digunakan sama dengan nama yang sudah ada dlam folder, maka kotak konfirmasi pada gambar 9 akan muncul.

Gambar 9. Kotak konfirmasi penyimpanan

  • Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan document baru
  • Save change with a different name: menyimpan dokument baru dengan nama lain.
  • Merge into exiting file: menggabungkan perubahan kedalam perubahan file yang sudah ada.

Setelah selesai mengedit document dan sudah memastikan menyimpannya, ada cara lain untuk menutup dokumen, yaitu:

  • Klik menu File > close
  • Klik tombol Close window yang terdapat didalam title Bar.

Dokumen yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara yaitu sebagai berikut:

  • Klik menu File > Open.
  • Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.

Sehingga muncul kotak dialog open (gambar 10), kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.

Gambar 10. Kotak dialog Open

III. Menuliskan dan memformat teks dan paragraf.

Pengetikan teks dimulai dari titip sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetik teks, dalam penekanan Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru. Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruh, type huruf, ukuran huruf, dan lainnya. Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum atau sesudah pengetikan. Klik menu Format > Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti gambar 11.

  • Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
  • Font Style: menentuka type huruf, yaitu Reguler (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal miring).
  • Size: menentukan ukuran huruf.
  • Font Color: menentukan warna huruf.
  • Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
  • Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.

Gambar 11. Kotak dialog Font

Tabel dibawah ini memperlihatkan contoh-contoh hasil pemformatan teks dan penggunaan efek didalam teks.

Format Karakter Hasil Format Karaker
Reguler Ini contoh teks dengan effect
Bold Ini contoh teks dengan effect
Italic Ini contoh teks dengan effect
Bold Italic Ini contoh teks dengan effect
Underline Ini contoh teks dengan effect
Bold-Italic-underline Ini contoh teks dengan effect
strikethrough Ini contoh teks dengan effect
Doble Strikethrough Ini contoh teks dengan effect
Superscript Ini contoh teks dengan effect
Subscript Ini contoh teks dengan effect
Shadow Ini contoh teks dengan effect
outline Ini contoh teks dengan effect
Emboss Ini contoh teks dengan effect
Engrave Ini contoh teks dengan effect
Small caps Ini contoh teks dengan effect
All Caps Ini contoh teks dengan effect
Hidden (tidak terlihat)

Selain pembuatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat macam, yaitu rata kiri , rata tengah , rata kanan , dan rata kiri kanan.

Contoh penggunaan perataan paragraf:

  • Rata kiri:

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Rata tengah:

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Rata kanan:

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Rata kiri kanan:

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antar baris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing . Contoh penggunaan line spacing.

  • Pengaturan spasi baris dengan nilai Singgle

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

  • Pengaturan spasi baris dengan nilai Doble

Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya.

Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaan lihat dapat dilihat pada gambar 12.

Gambar 12. Penggunaan tabulasi di dalam dokumen

Cara paling mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada Ruller kemudian klik pointervsehingga muncul simbol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret simbol tabulasi keluar Ruler. Ada lima aligment yang dapat dipilih, yaitu Left , Center , Rigt , Decimal , dan Bar .

IV. Mengedit teks

Pengeditan teks yang dapat dilakukan antara lain, memilih, menghapus, menggandakan, dan sebagainya.

  • Memilih karakter, kata, baris, dan paragraf

Karakter yang terpilih akan ditandai dengan kotak hitam yang menutupinya dan warna karakter akan berubah terang. Untuk memilih karakter yang berurutan, posisikan pointer dibelakang karakter pertama, tekan mouse, kemudian seret ke arah karakter-karakter yang dipilih. Untuk kata-kata yang tidak berurutan, tekan tombol Control pada keyboard sebelum berpindah pada kata yang berikutnya. Untuk memilih satu baris, posisikan pointer disebelah kiri baris sehingga pointer berubah menjadi anak panah, kemudian klik hingga baris tersebut terpilih. Untuk memilih satu paragraf, posisikan pointer disembarang teks di dalam paragraf, kemudian klik tiga kali maka seluruh paragraf akan terpilih. Dan untuk memilih seluruh karakter, klik menu Edit > Select All

  • Menghapus karakter

Penghapusan karakter dapat menggunakan tombot Del dan Backspace pada keyboard. Perbedaan keduanya adalah:

  • Apabila tidak sisip berada di belakang karakter yang dihapus, gunakan tombol Del pada keyboard.
  • Apabila tidak sisip berada di depan karakter yang dihapus, gunakan tombol Backspace pada keyboard.
  • Menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste

Perintah Copy dan Paste mempunyai kaitan. Perintah Copy digunakan untuk menggandakan karakter yang terpilih untuk kemudian menempatkannya pada posisi lain, perintah Paste adalah untuk menempatkan hasil pengoprasian perintah tersebut ketempat yang baru.

Perintah Cut digunakan untuk memotong karakter yagn terpilih untuk kemudian dipindahkan. Perintah Cut juga memerlukan perintah Paste untuk menempatkan hasil pada tempat yang baru. Bedanya dengan perintah Copy adalah perintah Cut akan menghapus karakter yang berada pada posisi aslinya, sedangkan perintah Copy tidak menghapus karakter pada posisi asli.

  • Menggunakan perintah Undo dan Redo

Perintah Undo digunakan untuk mengembalikan aksi yang telah dilakukan ke aksi sebelumnya. Sedangkan Redo adalah sebaliknya.

V. Menggunakan penomoran dan penandaan

Seringkali di dalam dokumen dijumpai penulisan teks dengan penomoran (numbering) dan penandaan (bullet). Program MS Word menyediakan fasilitas Bullet and Numbering untuk membuat variasi teks.

Perhatikan contoh penggunaan penomoran dan penandaan.

Contoh penomoran

contoh penandaan

VI. Menggunakan tabel

Pada umunya penyisipan tabel ke dalam dokumen berfungsi untuk mendukung penjelasan/uraian dokumen. Untuk membuat tabel, klik menu Table > Insert >Table sehingga muncul kotak dialog Insert Table (gambar 13).

Gambar 13. Kotak dialog Insert Table

  • Number of colom: untuk menentukan jumlah kolom, sebagai contoh isikan 2.
  • Number of rows: untuk menentukan jumlah baris, sebagai contoh isikan 3.
  • AutoFit Behabior: untuk pengturan lebar kolom.

Teks dapat langsung diketikkan didalam sel tabel. Hasil dari contoh akan membuat tabel seperti dibawah ini:

Contoh teks

Tabel dapat diatur propertinya untuk menyesuaikan tampilannya, misalnya mengatur tampilan garis, memberi warna sel, mengatur posisi, dan lainnya.

Contoh table di bawah ini adalah table yang telah diberi variasi:

NIM Nama
107711496997 Achmad
107711496998 Fariz
107711496998 Sulton

VII. Menyisipkan objek

  • Memyisipkan gambar

Gambar dapat di sisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program MS word. Untuk menyisipkannya, klik menu Insert > Picture > Clip Art. Pada bagian Search for disk task pane, ketikkan kata petunjuk yang berkaitan dengan gambar, contohnya animals. Maka didapat hasil gambar seperti contoh di bawah ini.

UGambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah di sediakan program MS Word.

ntuk menyisipkan gambar, klik pada gambar yang diinginkan.Lihat contoh penyisipan gambar kedalam dokumen

(Gambar 7)

Untuk menyisipkan gambar dari file,klik menu Insert > Picture > From file sehingga muncul kotak dialog Insert Picture (gambar 14). Pilih gambar yang diinginkan dari folder.

Gambar 14. Kotak dialog Insert Picture

VII. Menyisipkan objek autoShape

AutoShape adalah objek-objek dengan bentuk tertentu yang dapat disisipkan ke dalam dokumen.Objek-objek tersebut antara lain bentuk garis, lingkaran, persegiempat, dan lainya. Objek-objek tersebut dapat disisipkan dengan memilihya pada Tool Bar Drawing (Gambar 8). Untuk menampilkan toolbar ini, klik menu View > Toolbars > Drawing. Klik tombol AutoShapes kemudian pilih kategori objek sesuai keinginan.

Gambar 15.Tool Bar Drawing

Contoh objek garis dengan dua mata panah di kedua sisinya (Double arrow)

Dari objek-objek yang ada, dapat disisipkan teks didalamnya.Contoh penggunaan salah satu objek dengan teks.

  • Menyisipkan simbol

Di dalam dokumen juga sering dijumpai simbol seperti ©,®,☺dan sebagainya.Cara menyisipkan simbol adalah klik menu insert > Symbol sehingga keluar kotak dialog symbol (Gambar 10). Pilihlah symbol yang hendak digunakan lalu klik Insert.

Gambar 16. Kotak dialog Symbol

  • Menyisipkan diagram

Untuk membuat diagram struktur organisasi seperti contoh di bawah, klik Insert > Picture> Organization chart.

.

Untuk membuat diagram data seperti pada contoh di bawah, klik Insert > Picture > Chart kemudian ganti nilai sesuai yang di kehendaki.

Untuk mengubah tipe diagram, klik Chart > Chart Type sehingga muncul kotak dialog Chart Type (gambar 17). Pada kotak tersebut pilihlah. Type diagram yang di kehendaki, kemudian klik tab OK.

Gambar 17.Kotak dialog Chart Type

Teks yang di buat dengan wordArt akan tampak lebih bervariasi. Salah satu contoh penggunaan WordArt adalah di bawah ini:

Cara membuatnya adalah klik A atau dapat juga klik menu insert > picture > WortArt sehingga muncul WordArt Gallery (gambar 18). Pilih kreasi teks sesuai keinginan kemudian ketikkan teks.

Gambar 18.WordArt Gallery

  • Menyisipkan nomor halaman

Penomoran halaman dapat dibuat secara otomatis. Caranya klik menu Insert > Page Number sehingga muncul kotak dialog Page Numbers (Gambar 19). Klik OK.

Gambar 19. Kotak dialog Page Number

  • Menyisipkan Header da Footer

Fasilitas Header and Footer digunakan untuk membuat cataan kaki, penomoran halaman, dan yang lainnya. Untuk masuk kebagian ini, menu View > Header and Footer sehingga tampilan dokumen akan berpindah pada area header and footer (gambar 20). Hal ini diindikasikan dengan teks dan objek didalam dokumen terlihat redup. Ketikan teks yang hendak dibuat.

Gambar 20. Kotak dialog Page Number

  • Borders, Shading, dan Drop Cap

Beberapa tambahan dalam membuat dokumen tanpak lebih menarik seperti contoh dibawah ini:

MICROSOFT OFFICE 2003

Microsoft word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skipsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat bekerja dengan table, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.

Untuk membuat bagian MICROSOFT OFFICE 2003 yang berwana orange denagn garis ungu dibawahnya, caranya adalah dengan klik menu Format > Border and Shading kemudian akan muncul kotak dialog Border and Shading. tab border untuk membuat garis pembatas, tab Page Border untuk membuat garis pembatas pada halaman, sedangkan tab Shading untuk mewarnai satu baris seperti warna orange pada contoh. Untuk mengganti warna huruf klik tombol .

Huruf pertama yang ukurannya lebih tersebut (M), dapat dibuat dengan klik menu Format > Drop Cap.

  • Membuat kolom

Untuk membuat kolom seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini adalah dengan klik menu Format > Columns.

Microsoft word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skipsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat bekerja dengan table, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.

VIII. Mencetak

Sebelum mencetak dokumen, ada baiknya jika tampilan cetak dilihat terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara klik atau klik menu File > Print Preview.

Jika sudah sesuai, cara untuk mencetak adalah dengan mengklik menu File > Print sehingga muncul kotak dialog Print pada gambar 21. Atur properti atau lakukan pengaturan hasil cetakan yang dikehendaki jika diperlukan. Klik OK.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: